RSS

danaou Toba yang TERANcam kering,,,



 Ini adalah salah satu ikon yang paling dikenal dunia dari Sumatera Utara? Pasti kalian tahu jawabnya adalah Danau Toba. Semua wisatawan yang pernah berkunjung ke Sumatera Utara biasanya akan sangat familiar dengan nama itu. Mereka bahkan sangat menyesal kalau belum mengunjungi Danau Toba kalau sedang berada di Sumatera Utara atau Indonesia.
Tetapi tahukah kita semua bahwa Danau Toba sekarang terancam hilang. Danau terbesar di Asia Tenggara itu berada dalam keadaan nestapa karena dua hal: sumber airnya berkurang, dan kandungan airnya salah urus.
Sumber air Danau Toba berasal dari tangkapan air di sekitarnya. Bertahun-tahun, bentukan palung hasil kekuatan dari letusan jutaan tahun yang lalu itu menampung air yang mengalir di sekitarnya. Itulah yang terjadi terus menerus dan menciptakan danau. Tetapi berdasarkan citra satelit yang terus menerus di up date, pinggiran Danau Toba kini kering kerontang. Akar pohon yang mengikat dan menahan airnya, kini semakin menipis dan menyebabkan air danau berkurang pemasukannya.
Kualitas airnya sendiri kini juga semakin menurun. Banyaknya tambak dan sampah menjadikan Danau Toba sebagai ”tempat sampah” terbesar. Perilaku masyarakat plus para pengusaha yang berada di kawasan Danau Toba menyebabkan mereka yang berkunjung ke sana sering tidak merasa nyaman.
Tetapi kalau mau dicari sumber masalah pokoknya, tentunya bisa dilihat pada pemerintah daerah sendiri. Ada kesan bahwa Danau Toba dibiarkan menjadi ”danau” saja. Tidak perlu dilakukan apa-apa karena dianggap dengan sendirinya akan demikian adanya. Padahal kalau dibandingkan dengan daerah lain atau negara lain, danau adalah sumber pemasukan yang begitu besar secara khusus dalam mendatangkan devisa melalui kedatangan para wisatawan..
Pengembangan Danau Toba butuh komitmen. Perlu ada sharing perhatian dari daerah yang berada di kawasan tersebut dengan pemerintah pusat dan daerah. Tanpa kerjasama yang baik maka Danau Toba akan semakin kering dan akan ditinggalkan. Padahal Danau Toba adalah salah satu ikon penting dari Sumatera Utara.
Pemerintah juga harus lebih mendorong masyarakat supaya mereka bisa menjadikan Danau Toba sebagai warisan budaya mereka yang harus mereka jaga dan pelihara. Bertahannya budaya dan tradisi kaum tertinggal di beberapa negara karena mereka menjadikannya sebagai tanggung-jawab terhadap nenek moyang sekaligus warisan terhadap anak cucu.

sumbar" http://hariansib.com

0 komentar:

Posting Komentar